Masakan Idul Fitri yang enak dan mengenyangkan

Idul Fitri merupakan hari raya bagi umat Islam, sehingga sering kita jumpai makanan khas Idul Fitri saat berkumpul bersama keluarga. Usai melaksanakan salat Idul Fitri, tradisi selanjutnya adalah saling memaafkan antara anggota keluarga dan tetangga. Kemudian, keakraban akan terjalin saat makan bersama.

Baca Juga: Resep Bakso Kuah Semur dengan Bahan Seadanya

Pada saat makan bersama, kita sering menemukan makanan enak yang unik dan mengenyangkan. Kenangan masa kecil terbawa hingga dewasa jadi tak ada salahnya untuk mulai memasak beberapa menu berikut ini.

Ide masakan spesial Idul Fitri

Berikut makanan yang bisa Anda masak untuk menyambut Idul Fitri:

Berlian

Sajian khas lebaran ini terbuat dari nasi, dan bisa kita santap dengan lauk pauk. Ketupat tergolong unik karena menggunakan bungkus daun dan memiliki bentuk yang lebih padat dari nasi.

Biasanya orang membuat ketupat sendiri, atau membeli dari pasar tradisional dengan harga mulai dari Rp 1.000 per buah. Ketupat bisa dijadikan pengganti nasi karena sama-sama mengandung karbohidrat. Di daerah lain, penyajian kupat menjadi kupat tahu, kupat glabed, dan masih banyak lagi.

Opor Ayam

Sajian khas lebaran yang paling sering kita jumpai adalah opor ayam, tentunya juga sahabat sejati ketupat. Opor ayam merupakan salah satu masakan yang terkenal di Indonesia karena tidak hanya tersedia saat lebaran tetapi juga sebagai menu sehari-hari.

Baca Juga: Sambal Goreng Kentang dalam Berbagai Kreasi Unik dan Lezat

Opor ayam adalah makanan berkuah. Bahan dasarnya adalah daging ayam yang direbus dengan santan. Kuah opor ayamnya terdiri dari santan, serai, kencur, kunyit, dan garam. Opor ayam sering kita jumpai di warung nasi atau rumah makan.

Baca Juga :  Kue Ali Agrem Sunda, Kue Jadoel Yang Menjadi Simbol Keabadian

Empal Gentong

Sajian penuh bumbu dan empal gentong sapi ini merupakan salah satu masakan khas lebaran yang berasal dari Cirebon. Kuah kaldunya begitu kaya rasa, mewah dan mengenyangkan, apalagi jika disantap dengan ketupat.

Memasak empal gentong merupakan kemewahan tersendiri karena dapat memanjakan keluarga dan dapat disajikan pada acara-acara khusus. Selain hari raya, empal gentong juga sering kita temukan di acara pernikahan.

Kentang Goreng Ati

Sambal goreng merupakan masakan khas lebaran yang paling mudah dibuat, sekaligus cocok sebagai pendamping. Masakan ini cenderung pedas dan ada banyak jenisnya. Salah satu yang terkenal adalah sambal hati kentang goreng.

Hidangan ini terbuat dari kentang potong dadu dan ampela hati kemudian dimasak dengan bumbu. Makanan ini cocok sebagai pendamping ketupat atau nasi dan banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.

Rojak Ayam Panggang Bumbu

Jika bosan dengan menu yang berkuah, maka ayam bakar dengan bumbu rujak bisa menjadi alternatif. Rasa pedas, manis, dan juga gurih menjadi sajian khas lebaran yang berkesan apalagi jika disantap dengan ketupat.

Ayam bakar dengan bumbu rujak ini semakin menggoda selera karena berpadu dengan aroma gosong yang khas dan pastinya sangat gurih. Sajikan dengan lalapan dan sambal, agar acara makan bersama keluarga menjadi lebih akrab.

Itulah beberapa masakan yang sering kita jumpai saat lebaran atau lebaran. Usai mengikuti salat Idul Fitri, meminta maaf dan bersilaturahmi, acara selanjutnya tentunya makan bersama keluarga. Mulai dari ketupat, opor ayam, empal gentong, hingga ayam bakar dengan bumbu rujak, semua hidangan bisa menjadi kenangan yang tak terlupakan. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu