Fathertong Khas Bogor, Kuliner Legendaris dengan Cita Rasa Unik

Batatong khas Bogor sepintas terdengar asing di telinga. Namun jangan salah, kuliner ini merupakan salah satu spot kuliner terpopuler di Kota Hujan.

Bahkan, Ayahtong menjadi salah satu destinasi wisata kuliner wajib kota Bogor. Jika Anda sedang berlibur di kota ini, maka jangan lupa untuk mencicipi sajian unik yang satu ini.

Ayahtong adalah singkatan dari Baso Kupat Gentong yang merupakan salah satu kuliner soto yang menggugah selera.

Meski mengusung nama Baso, Ayahtong sedikit berbeda dengan varian bakso lainnya.

Penampilan yang terlihat berbeda, terutama pada cara penyajiannya. Batatong disajikan dengan menggunakan potongan berlian berbentuk dadu.

Baca Juga: Sate Galunggung Pangandaran, Kuliner Legendaris Citarasa Tinggi

Juga iga sapi yang membuat hidangan ini sangat menggugah selera. Dengan tambahan kuah kaldu sapi, bihun, mie kuning dan siomay yang sangat nikmat tentunya.

Bapatong Khas Bogor yang Lezat

Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi suatu daerah tanpa mencicipi masakan khas daerah tersebut. Bagi anda yang berencana untuk pergi berlibur ke kota Bogor.

Jadi jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Bogor yang cukup beragam. Salah satunya adalah Bakso Kupat Gentong atau yang sering disingkat Ayahtong.

Bagi warga Bogor tentunya sudah tidak asing lagi dengan sajian kuliner yang satu ini. Ayahtong hampir sama dengan bakso, hanya isinya yang berbeda dengan bakso pada umumnya.

Baca Juga: Kuliner Asinan Bogor yang Legendaris dan Terpopuler

Buat kamu pecinta bakso, jangan lupa untuk mencicipi sajian unik yang satu ini. Selain cukup unik, rasa jajanan ini sangat enak dan dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau.

Batagong merupakan masakan khas Bogor yang terdiri dari potongan ketupat, iga sapi berbentuk dadu di setiap sajiannya.

Baca Juga :  Makanan Khas Bulan Ramadhan di Berbagai Negara Site

Selanjutnya potongan kupat dan iga sapi disiram kuah kaldu yang dilengkapi bihun, mie kuning, dan siomay. Padahal, kuliner khas kota hujan yang satu ini sangat enak di lidah, sehingga sayang jika dilewatkan.

Rasa Bapatong Khas Bogor

Dinginnya kota Bogor paling nikmat ditemani semangkuk makanan berkuah, hangat dan pedas.

Salah satunya kuliner dengan kuah, pedas, pedas yang cukup recommended adalah Ayahtong yang mungkin masih terasa asing bagi sebagian orang.

Baca Juga: Es Buah Pala Khas Bogor, Minuman Legendaris dengan Beragam Khasiat

Bagi orang yang belum pernah mendengar nama masakan ini pasti akan sedikit mengernyit. Sepintas, Ayahtong memang terdengar cukup aneh.

Namun jangan salah, kuliner ini menjadi salah satu menu wajib para wisatawan saat berkunjung ke kota Bogor.

Seperti yang Anda ketahui sebelumnya, bahwa Batagong adalah singkatan dari Bakso, Ketupat, dan Gentong.

Penamaan kuliner ini seperti masakan Sunda lainnya yang kebanyakan memiliki nama dengan singkatan seperti comro (oncom di jero), gehu (tahu toge), batagor (bakso tahu goreng) dan sebagainya.

Ayahtong khas Bogor merupakan salah satu kuliner dengan kuah kaldu sapi yang sangat menggugah selera.

Berbeda dengan varian bakso lainnya, bakso yang disajikan pada menu Ayahtong memiliki tekstur yang sangat lembut dengan paduan rasa kuah dengan tambahan daging.

Oleh karena itu, Ayahtong merupakan kuliner yang sangat cocok jika disantap dalam keadaan panas. Sehingga sangat cocok jika Anda menikmatinya saat musim dingin atau pun hujan dengan cuaca sejuk khas kota Bogor.

Bapatong khas Bogor umumnya sangat pas jika disandingkan dengan Es Dower. Siapa yang tidak kenal dengan es batu yang satu ini. Ini adalah jenis minuman yang terbuat dari santan beku dengan tambahan gula dan irisan buah segar dan agar-agar.

Baca Juga :  Resep Rebusan Saus Bakso dengan Bahan Sederhana

Perbedaan Ayahtong Khas Bogor dengan Bakso Biasa

Hal yang membedakan kedua masakan ini adalah adanya potongan ketupat dan iga sapi di dalamnya.

Dengan tambahan kuah kaldu sapi, bihun, mie kuning, dan siomay yang pastinya sangat nikmat. Yang lebih unik lagi, pada sajian Ayahtong ini terdapat satu buah cabai yang sangat menarik disematkan di dalamnya.

Tampilannya pun semakin menggoda dan menggugah selera. Bagi Anda yang pecinta pedas, Anda bisa request jumlah cabai sesuai selera.

Harga Ayahtong khas Bogor ini cukup beragam tergantung penjualnya masing-masing. Biasanya kuliner ini hadir dengan harga yang cukup terjangkau, mulai dari Rp. 15.000. Untuk bisa menikmatinya, Anda bisa mengunjungi Jalan Taman Kencana Bogor. Di taman ini Anda akan menemukan banyak penjual yang menjual kuliner khas kota Bogor. (R10/HR-Online)

Editor: Kakak