Makanan Khas Bulan Ramadhan di Berbagai Negara Site

Berita Kuliner, (harapanrakyat.com), – Makanan khas bulan Ramadhan di berbagai negara menjadi perbincangan menarik dan menambah pengetahuan. Dimana tidak semua penduduk suatu negara memiliki mayoritas kepercayaan yang sama.

Seluruh umat muslim atau muslimah selalu menanti momen kehadiran bulan Ramadhan yang penuh rahmat. Selain kewajiban berpuasa selama sebulan penuh bagi umat Islam, juga banyak tradisi yang seringkali hanya ada saat bulan Ramadhan.

Mulai dari sholat tarawih berjamaah, tadarus Al-Quran setiap hari, hingga kuliner. Setiap bulan Ramadhan, banyak sekali sajian kuliner unik dan lezat yang hadir, baik saat sahur maupun saat berbuka puasa.

Padahal, biasanya kuliner ini jarang kita temukan selain bulan Ramadhan atau baru keluar saat Ramadhan tiba. Yang lebih unik lagi adalah keragaman kelezatan kuliner yang hadir selama bulan Ramadhan di berbagai negara.

Makanan Khas Ramadhan di Indonesia

Beberapa daerah di Indonesia memiliki penduduk yang menganut agama Islam. Mayoritas umat Islam di negeri ini menantikan makanan khas bulan Ramadhan. Tidak hanya memiliki lebih banyak waktu bersama dengan keluarga.

Banyak hidangan unik dan istimewa selama bulan Ramadhan ini, bahkan jarang bisa ditemukan di bulan-bulan biasa. Ada Es Kolak dengan rasa yang sangat manis dan menyegarkan, yang sering disajikan sebagai hidangan buka puasa.

Kemudian ada juga Kicak dari Yogyakarta, Es Pisang Ijo dari Makassar, Bubur Kampiun khas Padang, Bongko Kopyor dari Gresik. Selain itu, selama bulan Ramadhan, masyarakat di Indonesia biasanya menyediakan aneka gorengan dan cincau.

Baca Juga :  7 Restoran Modern dan Kontemporer di Pittsburgh yang Layak Dikunjungi

Es cincau dan gorengan menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia saat Ramadhan tiba. Menu makanan manis pun melengkapi ibadah puasa kita. Dengan meminum Es Kolak atau Cincau dengan Gorengan membuat badan segar kembali setelah seharian berpuasa.

Untuk menemani buka puasa, orang Indonesia biasanya juga menyediakan Puding, Kurma, atau Es Campur sebagai santapan lezat yang bisa mengisi perut kosong seharian.

Makanan Spesial Ramadhan di Arab Saudi

Sama seperti di Indonesia, Arab Saudi yang memiliki masyarakat mayoritas muslim, juga ada makanan khas yang hadir saat bulan Ramadhan. Kebanyakan orang Arab sering menganggap bulan suci sebagai tamu.

Masyarakat yang ada di negeri ini selalu menyambut tamu yang datang setahun sekali dengan penuh kebahagiaan dan suka cita. Oleh karena itu banyak hal istimewa selama bulan suci Ramadhan seperti makanan.

Makanan khas Ramadhan di Arab Saudi sangat beragam, seperti Harira dari Maroko, Harees, makanan tradisional UEA. Selain itu, ada Mahshi dari Mesir yang terbuat dari terong, daun anggur, paprika, dan sumsum.

Dan juga ada Yughmish yang merupakan jenis roti yang dibuat dari proses fermentasi. Yughmish menjadi menu favorit warga Jeddah saat berbuka puasa. Makanan ini menggunakan ragi sebagai bahan utamanya dan potongan daging sebagai isiannya.

Makanan Spesial Ramadhan di Turki

Turki adalah salah satu peradaban Islam terbesar yang berkembang di dunia. Dan juga ada beberapa kota yang pernah menjadi ibu kota Kerajaan Islam Besar di Turki. Tak heran jika negara ini memiliki penduduk yang menganut agama Islam.

Saat berkunjung ke Turki, wisatawan wajib mencicipi beberapa masakan halal khas Turki selama bulan Ramadhan. Seperti Lahmacun yang memiliki bentuk menyerupai pizza, biasanya menjadi camilan lezat setelah menjalani ibadah tarawih bersama keluarga.

Baca Juga :  Kue Ali Agrem Sunda, Kue Jadoel Yang Menjadi Simbol Keabadian

Selanjutnya ada Kofte yang terbuat dari daging sapi atau kambing yang direbus dan dibentuk menjadi bola-bola. Tak hanya itu, di Turki Babyldi juga menjadi menu andalan saat berbuka puasa di bulan Ramadhan, bentuk Babyldi menyerupai pecel di Indonesia.

Lalu ada juga makanan khas yang bernama Shawarna atau berbentuk seperti kebab. Shawarna ini biasanya berisi daging kambing dengan minyak zaitun sedangkan kebab biasanya menggunakan daging sapi sebagai isiannya.

Makanan Spesial Ramadhan di India

Keistimewaan Ramadhan di India sangat beragam seperti tradisi di negara lain. Di India, mayoritas umat Islam adalah yang terbesar kedua setelah Hindu, sehingga suasana Ramadhan di negara ini juga cukup semarak.

Berikut ini adalah masakan khas dari India yang sangat enak untuk disantap saat berbuka puasa, salah satunya adalah Panthiri yang memiliki bentuk seperti pancake. Makanan ini terbuat dari campuran tepung beras dengan daging kambing, ayam, ikan atau sayuran.

Selain itu ada juga nombu kanji, nombu kanji adalah masakan yang terbuat dari bubur dan lentil. Makanan ini sering menjadi makanan khas daerah Tamil Nadu dan Kerala di India, bahkan warga kedua daerah tersebut sering membagikan makanan ini secara gratis.

Tak hanya itu dari India, ada juga sajian khas saat Ramadan berupa puding roti tanpa menggunakan telur atau orang India menyebutnya Double ka Meetha. Double ka meetha biasanya menjadi makanan penutup saat berbuka puasa, roti double atau nasi susu menjadi bahan utama hidangan ini.

Makanan Spesial Ramadhan di Pakistan

Di Pakistan, ada juga hidangan khusus yang disajikan selama Bulan Suci Ramadhan saja. Hal ini terkait dengan penduduk yang sebagian besar menganut agama Islam, sehingga bulan Ramadhan sangat istimewa bagi mereka.

Baca Juga :  Sayur Seblak Untuk Diet, Jangan Pakai Kerupuk

Ada beberapa makanan khas Ramadhan di Pakistan yang sering disantap saat berbuka puasa. Hidangan ini termasuk Tikka Samosa atau orang lebih mengenalnya dengan samosa ayam.

Ghilafi kebab adalah menu favorit orang Pakistan, orang-orang di negara ini makan kebab setelah berbuka puasa. Kebab ini berisi daging cincang, sayuran, bawang putih, ketumbar, jahe, kacang mete, krim, garam, dan roti. Lalu ada juga Bread Roll atau gulung berisi kentang tumbuk.

Makanan Spesial Ramadhan di Afghanistan

Berbeda dengan negara lain, di Afganistan, setiap daerah memiliki tradisi yang berbeda-beda saat Bulan Suci Ramadhan. Saat bulan Ramadhan mendekat, mayoritas penduduk negara itu akan berbelanja semua kebutuhan selama bulan suci dan menjadikan Ramadhan sebagai hari libur nasional.

Ada beberapa makanan khas selama bulan Ramadhan yang selalu menjadi hidangan favorit masyarakat Pakistan. Seperti Sheer Kurma yang merupakan hidangan wajib setelah sholat Idul Fitri. Sheer Kurma terbuat dari puding bihun, kurma, kacang-kacangan dan gula.

Selain itu ada juga Kabuli Pulao, Kabuli Pulao sangat populer di Afganistan dan merupakan hidangan nasional negara ini. Bentuk Kabuli Pulao menyerupai nasi goreng, makanan ini terbuat dari campuran nasi dengan daging kambing.

Di Kebuli juga terdapat sayur-sayuran dan aneka bumbu yang enak dan penuh cita rasa. Lalu ada Haft Mewa, makanan ini merupakan salad buah khas dari Afganistan. Membuat salad Haft Mewa dari kacang kering dan tujuh macam buah segar.

Inilah berbagai makanan khas Ramadhan di berbagai negara yang wajib dicoba, selain enak, unik, juga kaya rasa. Makanan tradisional juga menjadi ciri khas setiap negara di dunia. (Deni/R4/HR-Online)